Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akademisi UI Mengingatkan Pentingnya Keberlanjutan Lingkungan 

Kamis, 25 Juli 2024 – 20:04 WIB
Akademisi UI Mengingatkan Pentingnya Keberlanjutan Lingkungan  - JPNN.COM
Para pembicara dalam diskusi Environmental Talk yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-8 SIL UI. Foto Humas UI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) Tri Edhi Budhi Soesilo mengingatkan tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan dengan tiga pilar yang harus ditegakkan, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Tentu tidak mudah, butuh komitmen serius untuk melaksanakannya. Bukan sekadar narasi verbal," ujar Budhi dalam diskusi Environmental Talk yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-8 SIL UI di Jakarta, Rabu (24/7)

Budhi mengatakan, Indonesia adalah negara mega biodiversity yang memiliki keanekaragaman hayati paling kaya di dunia. Ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita harus meningkatkan kolaborasi dan sinergi berbagai pemangku kepentingan agar Indonesia tidak menjadi bancakan negara besar," terangnya.

Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Catur Endah Prasetiani mengungkapkan, melalui program Perhutanan Sosial pemerintah membuka akses ebih luas untuk keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan hutan.

Catur mengatakan, Perhutanan Sosial berdampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar hutan.

"Perhutanan sosial juga berdampak pada makin guyubnya masyarakat. Kasus ilegal logging dan perambahan juga bisa dikurangi. Selain itu, konflik lahan pun bisa diselesaikan," terangnya.

Catur juga menyatakan pengelolaan hutan tetap harus memperhatikan kearifan lokal.

Akademisi UI Tri Edhi Budhi Soesilo mengingatkan pentingnya keberlanjutan lingkungan 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA