Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AKBP Heru Kerahkan Anjing Pelacak Kejar 23 Tahanan yang Kabur dari LPKA

Kamis, 18 November 2021 – 21:57 WIB
AKBP Heru Kerahkan Anjing Pelacak Kejar 23 Tahanan yang Kabur dari LPKA - JPNN.COM
Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat mendatangi Lapas Anak Muarabulian, kemarin (15/11). Foto: Jambi-Independent

jpnn.com, MUARABULIAN - Sejumlah personel kepolisian yang berjaga saat 24 tahanan titipan Polres Batanghari yang kabur dari Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Muarabulian diperiksa Propam Polda Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menegaskan bahwa Propam Polda Jambi turun tangan untuk menangani masalah ini.

"Diduga ada kelalaian personel, dan sekarang sedang diperiksa oleh Bidang Propam Polda Jambi," tegas jenderal bintang dua itu, yang turun langsung ke lokasi.

Informasi yang didapat, puluhan tahanan ini memang dititip di LPKA Muarabulian, karena sedang ada renovasi di Polres Batanghari. Peristiwa ini sendiri terjadi pada Minggu (14/11) pukul 21.30 petugas masih sempat mengecek tahanan.

Lalu salah satu tahanan, atas nama Ledi Azwar mencongkel salah satu besi jendela ruang tahanan, dengan balok kayu yang diambilnya.

Setelah lepas, besi itu ditutupi sedemikian rupa agar tak ketahuan. Dia lalu mengatur siasat dengan tahanan lain agar mau melarikan diri bersama-sama.

Pukul 00.05 WIB Senin (15/11), salah satu tahanan memanggil nama petugas jaga dari dalam. Tak ada jawaban. Peluang itu digunakan Ledi untuk membuka besi tadi. Dia lalu keluar ke lorong, dan mencari kunci pintu sel tahanan.

Setelah dapat, dia membuka tiga pintu sel yang berisi total 24 orang. Seluruh tahanan akhirnya bersama-sama melarikan diri lewat pintu penjagaan yang tidak ada petugasnya, memanjat dinding bangunan setinggi 2,5 meter, memanjat dinding ke dua, dan akhirnya memanjat dinding pagar Lapas setinggi 4 meter, dengan menggunakan beberapa kain sarung yang diikat menjadi satu.

Pada pukul 01.30 WIB, salah satu tahanan memilih kembali dan menyerahkan diri.

Sejumlah personel kepolisian yang berjaga saat 24 tahanan titipan Polres Batanghari yang kabur dari Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Muarabulian diperiksa Propam Polda Jambi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close