Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Cegah Bersama Berhasil Turunkan Angka Stunting di 8 Provinsi Percontohan

Senin, 04 April 2022 – 20:05 WIB
Aksi Cegah Bersama Berhasil Turunkan Angka Stunting di 8 Provinsi Percontohan - JPNN.COM
Program Aksi Bersama Cegah Stunting (ACS). Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Executive Habibie Institue for Public Policy and Government (HIPPG) Dr. drg Widya Leksmanawati mengajak lintas sektor untuk turut andil dan peduli dalam menekan angka stunting.

Program Aksi Bersama Cegah Stunting (ACS) pilot project ini, enam bulan pertama nantinya akan memberikan beberapa sumber protein hewani seperti yang telah dilakukan di Pandeglang, yaitu mengutamakan susu berkalori tinggi dan telur.

"Nantinya, keberhasilan dari pilot project yang berlokasi di 14 desa ini akan direplikasi ke seluruh desa di Indonesia," ujar Widya Leksmanawati.

Saat ini sambung Widya, terdapat delapan provinsi yang menjadi wakil wilayah percontohan, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Dari delapan provinsi tersebut, terdapat 2.687 desa yang masuk kategori stunting.

Selanjutnya, setelah melalui beberapa tahap pendataan, sebanyak 14 desa nantinya akan menjadi lokasi pilot project.

Direktur Sinkronisasi dan Urusan Pemerintahan Daerah III Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ir. Budiono Subambang berharap program Aksi Cegah Stunting ini bisa menjadi pedoman bagi daerah lainnya, dalam pencegahan stunting.

“Di antara isu terkait stunting yang dapat diidentifikasi adalah bagaimana daerah menetapkan daerah untuk percepatan stunting, bagaimana mengubah perilaku masyarakat dalam edukasi kesadaran pemenuhan gizi seimbang, dan rendahnya dukungan sosial,” jelas Budiono.

Habibie Institue for Public Policy and Government (HIPPG) mengajak lintas sektor untuk turut andil dan peduli dalam menekan angka stunting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close