Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Pencurian Buah Kopi di Rejang Lebong Meningkat, Petani Diminta Waspada

Selasa, 07 Mei 2024 – 22:49 WIB
Aksi Pencurian Buah Kopi di Rejang Lebong Meningkat, Petani Diminta Waspada - JPNN.COM
Seorang petani di Kabupaten Rejang Lebong belum lama ini tengah memetik buah kopi dikebun miliknya. Foto: ANTARA/Nur Muhamad

jpnn.com, REJANG LEBONG - Aksi pencurian buah kopi di Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini mengalami peningkatan seiring dengan mahalnya harga jual komoditas andalan daerah tersebut.

"Sudah banyak petani kopi yang mengeluhkan aksi pencurian buah kopi di kebun mereka, saran kami agar petani kopi membentuk kelompok, sehingga bisa melakukan penjagaan kebun secara bersama-sama," kata Kasi Humas Polres Rejang Lebong AKP Sinar Simanjuntak di Mapolres Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, saat ini harga jual biji kopi kualitas asalan dibeli oleh pedagang pengepul Rp 55.000 hingga Rp 60.000 per kg.

Melambungnya harga jual biji kopi ini memicu maraknya aksi pencurian buah kopi di kebun warga.

Pihaknya, kata dia, tidak bisa menjangkau semua daerah pelosok yang memiliki perkebunan kopi dan hasil bumi lainnya di wilayah itu.

Apalagi jumlah personel kepolisian masih terbatas, sehingga memerlukan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas.

Menurut dia, kasus pencurian buah kopi di kebun ini bukan hanya dialami oleh petani di Rejang Lebong, tetapi kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu yang menjadi penghasil biji kopi.

Untuk meminimalisir aksi pencurian buah kopi tersebut, pihaknya telah meningkatkan patroli dalam masyarakat melalui petugas bhabinkamtibmas maupun polsek masing-masing kecamatan.

Aksi pencurian buah kopi di Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini mengalami peningkatan seiring dengan mahalnya harga jual komoditas andalan daerah tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close