Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aktifis Protap Terus Galang Lobi

Tewasnya Ketua DPRD Sumut Tak Pengaruhi Aspirasi

Senin, 09 Maret 2009 – 19:39 WIB
Aktifis Protap Terus Galang Lobi - JPNN.COM
JAKARTA - Jangan dikira peristiwa 3 Februari 2009 yang berdampak pada ditahannya Candra GM Panggabean cs telah menghentikan aspirasi pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap). Hingga saat ini, para penggagas pembentukan Protap masih solid dan terus melakukan lobi-lobi ke DPR agar RUU Protap bisa segera disahkan menjadi Undang-Undang.

Para penggagas Protap tetap pada pendiriannya bahwa semua persyaratan sudah terpenuhi, terbukti RUU Protap sudah dibawa pada rapat paripurna DPR 19 Desember 2008. "Untuk konsolidasi pemenuhan syarat administrasi sudah selesai karena faktanya RUU Protap sudah di DPR dan tinggal mengetok palu untuk pengesahan. Jadi, sekarang aktifitas panitia lebih banyak untuk lobi-lobi ke DPR. Kami tetap solid, jalan terus. Kalau ada yang melanggar hukum, tangkap lah, tapi aspirasi masyarakat tidak bisa dibendung," ungkap Ketua Komite Pembentukan Protap biro Jakarta, Sabar Martin Sirait kepada JPNN, Senin (9/3).

Sabar Martin Sirait menjelaskan, hingga saat ini dirinya selaku salah satu penggagas pembentukan Protap masih terus menerima dukungan masyarakat, baik dari pemberitaan media massa, statemen sejumlah tokoh, atau pun statemen spontan dari masyarakat yang menemuinya. "Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk menghambat terbentuknya Protap. Kejadian 3 Februari harus dipisahkan dengan kemurnian aspirasi rakyat yang menghendaki Protap," urai Martin, yang juga caleg DPR dari Partai Damai Sejahtera (PDS).

Hanya saja, dia tidak mau membeberkan model-model lobi yang dilakukan ke para anggota DPR agar RUU Protap tidak terganjal pembahasannya oleh peristiwa 3 Februari. "Prinsip kami, secara formal masalah persyaratan sudah selesai. Sekarang tinggal mendorong bagaimana DPR mau mengesahkan dalam waktu dekat. Jangan dikira kami berhenti. Upaya tetap bergulir," ungkapnya.

JAKARTA - Jangan dikira peristiwa 3 Februari 2009 yang berdampak pada ditahannya Candra GM Panggabean cs telah menghentikan aspirasi pembentukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA