Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akui Kewalahan Bendung Senpi Ilegal

Senin, 27 September 2010 – 18:25 WIB
Akui Kewalahan Bendung Senpi Ilegal - JPNN.COM
JAKARTA -- Mabes Polri mengaku kesulitan membendung maraknya peredaran dan penyalahgunaan senjata api (senpi) ilegal di masyarakat. Ini menyusul meningkatnya intensitas kriminalitas konvensional dan terorisme yang menggunakan senpi. Padahal saat ini Polri sudah melakukan penarikan senpi sipil serta tak mengeluarkan izin senpi baru, kecuali untuk petugas pengamanan khusus dan instansi-instansi pemerintah lainnya.

‘’Senjata api selain instansi keamanan nggak bisa. Bisa juga dari selundupan karena di daerah perbatasan kita kesulitan melakukan pengawasan intensif,’’ ujar Kabid penerangan Umum Div Humas Polri Kombespol Marwoto di Mabes Polri, Senin (27/9).

Disebutkan, kondisi topografi kepulauan Indonesia memudahkan penyelundupan senjata. Dimana pelabuhan-pelabuhan alam sepanjang pesisir Indonesia tak mungkin diawasi intensif mengingat terbatasnya personil dan sarana yang ada. Inilah yang disinyalir Polri sebagai penyebab utama maraknya senpi ilegal di Indonesia.

‘’Kalau pengawasan kurang, nggak juga. Mungkin karena keterbatasan anggota, kita minim sekali khususnya di laut,’’ tambahnya. Selain itu tambah Marwoto, keberadaan senpi sisa konflik seperti di Aceh, Poso, Ambon dan  lainnya dinilai juga sebagai penyumbang peredaran senpi illegal itu.

JAKARTA -- Mabes Polri mengaku kesulitan membendung maraknya peredaran dan penyalahgunaan senjata api (senpi) ilegal di masyarakat. Ini menyusul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close