Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alamak! Efek Krisis Corona, Jutaan Gadis di Dunia Terancam Menikah Dini

Jumat, 15 Mei 2020 – 13:34 WIB
Alamak! Efek Krisis Corona, Jutaan Gadis di Dunia Terancam Menikah Dini - JPNN.COM
Ilustrasi menikah. Foto : Pixabay

jpnn.com, LONDON - Diprediksi sekitar 4 juta gadis di dunia, memiliki potensi melakukan pernikahan dini dalam dua tahun ke depan, imbas pandemi virus corona baru (Covid-19).

Dalam laporan PBB, secara global sekitar 12 juta gadis menikah sebelum usia 18 tahun pada setiap tahunnya, hampir satu gadis dalam tiga detik.

Bulan lalu disebutkan jumlah pernikahan anak diprediksi melonjak hingga 13 juta dalam sepuluh tahun mendatang akibat pandemi corona.

Mengutip Reuters, menurut lembaga amal World Vision, hal tersebut dipicu peningkatan angka kemiskinan yang disebabkan hilangnya mata pencaharian imbas pandemi corona.

Akibatnya, kemiskinan meningkat mendorong para orang tua untuk menikahkan anak perempuannya lebih cepat, guna meringankan beban hidup keluarga.

“Ketika Anda berada dalam masa krisis seperti perang, bencana alam atau pandemi, tingkat pernikahan anak selalu meningkat,” kata ahli pernikahan anak di World Vision, Erica Hall, Jumat (15/5).

“Jika kita tidak mulai berpikir bagaimana menghindari hal ini, maka akan terlambat selamanya. Kita tidak bisa menunggu pandemi ini selesai lebih dahulu, baru memikirkannya,” lanjutnya.

Para penggiat mengatakan dorongan itu diperparah oleh fakta bahwa sekolah-sekolah ditutup dan organisasi yang bekerja melawan pernikahan dini masih sulit beroperasi imbas pandemi.

Diprediksi, jutaan gadis di dunia memiliki potensi melakukan pernikahan dini dalam dua tahun ke depan, imbas pandemi virus corona baru (Covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close