Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ALFI - Organda Jalin Sinergi Bangun Sistem Angkutan Multimoda

Rabu, 26 Juni 2019 – 16:44 WIB
ALFI - Organda Jalin Sinergi Bangun Sistem Angkutan Multimoda - JPNN.COM
ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia) bersama ORGANDA melakukan MoU untuk membangun sistem angkutan multimoda di Indonesia berbasis digital. Foto dok ALFI

jpnn.com, JAKARTA - ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia) bersama ORGANDA melakukan MoU untuk membangun sistem angkutan multimoda di Indonesia berbasis digital.

Kerja sama ini dilakukan untuk mengantisipasi persaingan perdagangan bebas global yang dijadwalkan mulai 2025.

Ketua Umum ALFI Yukki N Hanafi menuturkan perusahaan freight forwarding anggota ALFI yang bertindak sebagai operator angkutan multimoda tidak semuanya memiliki armada angkutan barang di jalan raya (truk) sendiri. 

Sisi lain, perusahaan angkutan truk anggota Organda juga tidak semuanya bisa bertindak sebagai operator angkutan multimoda.

Yukki juga menyoal aspek regulasi di tingkat nasional maupun internasional, perusahaan truk anggota ORGANDA juga belum memiliki sistem Dokumen Angkutan Barang (DAB) yang didukung oleh STC (Standard Trading Condition) yang diterima di pasar internasional

Keberadaan ALFI sudah sejak 1989 telah memiliki STC yang tidak hanya bisa diterima di pasar dalam negeri, tetapi juga dapat diterima di pasar internasional. Sebab, ALFI telah berafiliasi dengan AFFA, APAA dan FIATA.

Harapannya dua asosiasi ini bergabung akan bisa mewujudkan sistem angkutan multimoda dalam mendukung kelancaran perdagangan internasional di Indonesia. 

Kesepakan kerja sama ini juga bertujuan untuk mempermudah bagi perusahaan anggota ALFI untuk mendapatkan armada angkutan barang di jalan raya yang laik jalan (sesuai standard) melalui jaringan perusahaan anggota ORGANDA.

Kerja sama ALFI dan Organda dilakukan untuk mengantisipasi persaingan perdagangan bebas global yang dijadwalkan mulai 2025.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close