Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alokasi KUR Meningkat jadi Rp 450 Triliun, Lestari Moerdijat Ingatkan Hal Penting Ini

Minggu, 12 Maret 2023 – 23:33 WIB
Alokasi KUR Meningkat jadi Rp 450 Triliun, Lestari Moerdijat Ingatkan Hal Penting Ini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan hal penting ini terkait meningkatnya alokasi pembiayaan, seperti KUR pada tahun ini. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan peningkatan keterampilan dalam rangka pemberdayaan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus dilakukan agar mampu memanfaatkan setiap peluang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Berbagai peluang agar sektor UMKM di tanah air tumbuh dengan pesat sudah tersedia, tinggal masyarakat diberdayakan agar memiliki kemampuan untuk memanfaatkan setiap peluang usaha itu," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/3).

Catatan Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan pemerintah mengalokasikan kredit usaha rakyat (KUR) bagi sektor ini senilai Rp 450 triliun pada 2023.

Dana KUR diproyeksikan tahun ini meningkat 20 persen jika dibandingkan dengan alokasi tahun lalu senilai Rp 373 triliun.

Menurut Lestari, peningkatan alokasi KUR untuk sektor UMKM itu harus diimbangi dengan peningkatan upaya pemberdayaan masyarakat dan sektor UMKM agar mampu dan layak mengakses program pembiayaan tersebut.

Karena itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, tanpa kemampuan yang memadai dari masyarakat dan sektor UMKM dalam menjalankan usahanya, kemudahan pembiayaan yang tersedia tidak memberi dampak nyata terhadap pertumbuhan UMKM.

Rerie mengatakan pelatihan-pelatihan usaha bagi masyarakat dan peningkatan keterampilan digital para pengusaha UMKM adalah salah satu langkah yang strategis dalam upaya memanfaatkan sejumlah program pembiayaan yang ditawarkan pemerintah.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak dunia usaha berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah dalam upaya memberi peningkatan keterampilan bagi pengusaha UMKM di tanah air.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan hal penting ini terkait meningkatnya alokasi pembiayaan, seperti KUR pada tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close