Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alokasi Subsidi Pupuk Rp3,5 Triliun

Kamis, 07 Mei 2009 – 15:19 WIB
Alokasi Subsidi Pupuk Rp3,5 Triliun - JPNN.COM
JAKARTA - Departemen Pertanian (Deptan) berencana mengalihkan sebagian besar dana subsidi pupuk sebesar Rp 17,5 triliun untuk pembangunan infrastruktur pertanian. Dari jumlah itu, alokasi anggaran untuk subsidi pupuk hanya diusulkan 20 persen atau Rp 3,5 triliun.

 

"Sebaiknya subsidi pupuk tidak terlalu besar, cukup 20 persen. Tapi, harusnya seluruh pupuk tetap mendapatkan subsidi," ujar Menteri Pertanian Anton Apriyantono saat breakfast meeting di gedung Depperin Rabu (6/5).

 

Menurut Anton, sisa dana subsidi pupuk atau sekitar 80 persen dialihkan ke pembangunan infrastruktur pertanian. Kalau seluruh pupuk disubsidi, HPP (harga pembelian pemerintah) gabah beras harus dinaikkan.

 

Dengan mekanisme tersebut, Anton memperkirakan akan terjadi penghematan anggaran. Sistem subsidi yang berlaku saat ini dinilai tidak adil untuk petani kecil. "Petani kecil dengan luas lahan rata-rata 3-5 hektare hanya dapat porsi subsidi yang kecil. Berbeda dengan petani besar yang punya lahan lebih luas dapat subsidi banyak," katanya.

 

JAKARTA - Departemen Pertanian (Deptan) berencana mengalihkan sebagian besar dana subsidi pupuk sebesar Rp 17,5 triliun untuk pembangunan infrastruktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA