Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alumni GMNI Perjuangkan Bung Karno jadi Pahlawan Nasional

Sudah Puluhan Tahun Merdeka, Hanya Dianggap Proklamator

Minggu, 24 Juni 2012 – 07:27 WIB
Alumni GMNI Perjuangkan Bung Karno jadi Pahlawan Nasional - JPNN.COM
JAKARTA - Dukungan pentingnya pemberian gelar pahlawan nasional untuk Presiden pertama RI, Soekarno atau Bung Karno, terus mengalir. Kali ini, dukungan datang dari Pengurus Pusat (PP) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Ketua Umum PP PA GMNI,  Soekarwo, menyayangkan jika selama ini Bung Karno bersama dengan Wakil Presiden RI, Muhammad Hatta atau Bung Hatta, hanya dikenal sebagai proklamator kemerdekaan RI saja. "Kita sangat mendukung pemberian gelar pahlawan nasional untuk Bung Karno," tegas Soekarwo kepada wartawan di sela-sela diskusi bertajuk "Bung Karno dalam Dimensi Sosial" yang digelar PP PA GMNI di Jakarta, Sabtu (23/6) malam.

Menurut Soekarwo, upaya untuk memperjuangkan Soekarno agar menjadi Pahlawan Nasional telah dilakukan termasuk dengan melibatkan kalangan akademisi. Sejauh ini, sebut Soekarwo, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie telah mengusulkan pengukuhan Soekarno sebagai pahlawan nasional. Karenanya Soekarwo menegaskan, pada 11 dan 12 Juli 2012 nanti pihaknya akan mengundang Jimly serta para dosen hukum tata negara untuk hadir di Surabaya guna membahas usulan tersebut.

Lebih lanjut pria berkumis tebal yang kini menjadi Gubernur Jawa Timur itu menegaskan, semestinya gelar pahlawan nasional Soekarno sudah diberikan negara pada 2009, atau 64 tahun setelah Indonesia merdeka tepatnya saat keluar Undang-Undang (UU) Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Menurut dia, dengan ketentuan di UU tersebut harusnya secara otomatis Bung Karno menjadi pahlawan nasional.

JAKARTA - Dukungan pentingnya pemberian gelar pahlawan nasional untuk Presiden pertama RI, Soekarno atau Bung Karno, terus mengalir. Kali ini, dukungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA