Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amaden Sebut PP Pengangkatan PNS dari Honorer K2 Masih Hidup, Minta Diangkat ASN 

Rabu, 20 Juli 2022 – 22:50 WIB
Amaden Sebut PP Pengangkatan PNS dari Honorer K2 Masih Hidup, Minta Diangkat ASN  - JPNN.COM
Korwil PHK2I Provinsi Jambi, Amaden meminta pemerintah menyelesaikan masalah honorer K2. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Wilayah Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Provinsi Jambi Amaden mengatakan pengangkatan mereka menjadi PNS sudah diatur dalam PP Nomor 56 Tahun 2012. Dia merasa PP tersebut masih hidup sehingga bisa digunakan.

"PP Nomor 56 Tahun 2012 itu tetap digunakan pemerintah, meskipun sudah ada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata Amaden kepada JPNN.com, Rabu (20/7).

Dia mencontohkan, pengangkatan PNS dari guru bantu DKI Jakarta pada April 2015. Amaden menduga pengangkatan pegawai non-ASN usia 35 tahun ke atas menjadi PNS juga rujukannya PP tersebut.

Dia menegaskan pemerintah selama ini hanya bersikap adil terhadap golongan tertentu. Contohnya, pengangkatan bidan desa PTT usia 35 tahun ke atas menjadi PNS. Kemudian pengangkatan PNS dari eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lulus tes seleksi calon aparatur sipil negara (CASN).

"Mengapa pemerintah sangat berat hati mengangkat honorer K2 menjadi CPNS," ujarnya.

Dia menyebutkan sampai saat ini jumlah honorer K2 yang tersisa sekitar 300 ribu orang. Dari jumlah tersebut sekitar 100 ribu guru, sisanya adalah tenaga teknis administrasi.

Seharusnya kata Amaden, jika pemerintah punya itikad baik menyelesaikan honorer K2, sudah lama diangkat PNS. Bukan seperti sekarang, honorer K2 dalam suasana ketakutan karena terbitnya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SE MenPAN-RB) tentang Status Pegawai Non-ASN di Instansi Pusat dan Daerah yang salah satu poinnya menghapus honorer.

"Aneh juga, belum diselesaikan semuanya, tetapi sudah mengeluarkan SE MenPAN-RB yang bikin daerah tega merumahkan ribuan honorer termasuk honorer K2," ucapnya.

Pentolan honorer K2 Amaden menyebutkan PP Pengangkatan PNS dari honorer K2 masih hidup, sehingga K2 harusnya diangkat ASN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close