Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ambalat Kembali Gawat

Kapal Malaysia Mondar-mandir Lagi

Rabu, 22 Oktober 2008 – 06:35 WIB
Ambalat Kembali Gawat - JPNN.COM
JAKARTA - Ketegangan di Blok Ambalat pada 2004 bakal terulang. Sebab, Malaysia berkali-kali melanggar daerah yang berada di laut sebelah timur Pulau Kalimantan itu. ’’Kapal-kapal patroli (Indonesia) berulang-ulang memergoki mereka (kapal-kapal Malaysia, Red),’’ ujar sumber Jawa Pos di lingkungan TNI Angkatan Laut di Jakarta, Selasa ( 21/10).

Perwira itu menjelaskan, informasi tersebut sudah sampai Jakarta. ’’Sudah pernah disampaikan dalam rapat tertutup di Kementerian Polhukam pada 16 Oktober lalu,’’ katanya. Kapal-kapal Malaysia itu tidak ditindak, tapi hanya diusir menjauh dari Blok Ambalat. 

Ketegangan jilid II itu juga diakui Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso kemarin. Jenderal asal Solo itu  mengungkapkan bahwa unsur-unsur kekuatan bersenjata Malaysia masih kerap melanggar wilayah Indonesia di kawasan Blok Ambalat.

Dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR dan Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono di gedung DPR Selasa ( 21/10),  Djoko mengatakan, dalam beberapa kali perundingan, Malaysia tetap mengklaim Blok Ambalat sebagai bagian teritorialnya. ’’Itu terlihat dari salinan nota diplomatik tentang proses pergelaran kekuatan TNI di Blok Ambalat dari Malaysia,’’ ujar Djoko.

JAKARTA - Ketegangan di Blok Ambalat pada 2004 bakal terulang. Sebab, Malaysia berkali-kali melanggar daerah yang berada di laut sebelah timur Pulau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA