Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Mendekat, Militer Tiongkok Pamer Kekuatan Udara di Laut China Selatan

Selasa, 21 Juli 2020 – 05:59 WIB
Amerika Mendekat, Militer Tiongkok Pamer Kekuatan Udara di Laut China Selatan - JPNN.COM
Peta wilayah Laut China Selatan (LCS). Ilustrasi: The Economist

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah meningkatnya aktivitas Amerika Serikat di Laut China Selatan, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) menggelar latihan militer besar-besaran di wilayah perairan tersebut. Parahnya lagi, materi latihan adalah simulasi ofensif ke basis pertahanan lawan.

Menurut media setempat, latihan yang berlangsung pada Rabu (15/7) hingga Kamis (16/7) itu melibatkan sejumlah pesawat bomber JH-7. Mereka melakukan latihan pengeboman dengan sasaran pertahanan laut.

Citra satelit komersial yang didapat Forbes juga memperlihatkan bahwa PLA mengerahkan sedikitnya empat unit jet tempur J-11B ke Pulau Yongxing.

Seperti diketahui, militer Amerika Serikat telah meningkatkan aktivitasnya di Laut China Selatan dalam beberapa pekan terakhir. Tidak tanggung-tanggung, Negeri Paman Sam mengirim dua kapal induk andalannya untuk berpatroli di perairan rawan konflik tersebut. 

Media Tiongkok melaporkan bahwa satu kapal perang AS telah melakukan pelanggaran di lepas pantai Kepulauan Nansha pada Selasa (14/7) dan pesawat tempur AS berkali-kali melakukan pengintaian jarak dekat di wilayah selatan pantai Tiongkok.

"Menghadapi provokasi dan militerisasi AS di LCS, sudah seharusnya PLA menonjolkan kehadirannya dengan pengerahan pasukan rutin dan melakukan latihan demi menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial," demikian pandangan pengamat yang dikutip ANTARA, Senin (20/7). (dil/jpnn)

Di tengah meningkatnya aktivitas Amerika di Laut China Selatan, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) memamerkan kekuatan militernya

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close