Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Serikat dan Arab Saudi Beda Pendapat Soal Qatar

Selasa, 16 Januari 2018 – 20:03 WIB
Amerika Serikat dan Arab Saudi Beda Pendapat Soal Qatar - JPNN.COM
Qatar. Foto: Aljazeera

jpnn.com - Amerika Serikat dan Arab Saudi kerap sejalan dalam berbagai isu internasional. Namun, kedua negara bersahabat itu berbeda pandangan soal Qatar.

Ketika Saudi melabeli tetangganya itu sebagai sponsor terorisme, Presiden Amerika Serikat Donald Trump justru berterima kasih kepada Qatar karena telah terlibat dalam perang melawan teror.

"Presiden Donald Trump berterima kasih kepada Qatar atas tindakannya melawan terorisme dan ekstremisme dalam segala bentuk," tulis Gedung Putih dalam sebuh pernyataan seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (16/1).

Pernyataannya itu disampaikan via telepon kepada Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani. Trump juga menegaskan kembali dukungannya terhadap Dewan Kerja Sama untuk Arab di Teluk (GCC) yang fokus pada melawan ancaman regional.

Namun, Trump sebenarnya baru-baru ini saja bersikap baik kepada Qatar. Pada Juni lalu, dia meminta Qatar menghentikan pendanaan terhadap kelompok yang melakukan terorisme.

Permintaan itu sejalan dengan narasi yang dibangun negara-negara Teluk pimpinan Arab Saudi.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Mesir memutuskan hubungan diplomatik, perjalanan, dan perdagangan dengan Qatar tahun lalu. Mereka menuduh Qatar mendukung militan dan Iran.

Qatar membantah tuduhan negara-negara Teluk tersebut. Qatar balik menuding negara-negara Teluk berusaha merongrong kedaulatannya.

Ketika Saudi melabeli tetangganya itu sebagai sponsor terorisme, Amerika Serikat justru bersikap sebaliknya

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close