Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMIN Jadi yang Pertama Menyapa Langsung Masyarakat Adat Bonokeling, Ini Janji Mereka

Selasa, 03 Oktober 2023 – 23:05 WIB
AMIN Jadi yang Pertama Menyapa Langsung Masyarakat Adat Bonokeling, Ini Janji Mereka - JPNN.COM
Pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersilaturahmi ke masyarakat adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BANYUMAS - Pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersilaturahmi ke masyarakat adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kedatangan mereka disambut masyarakat Bonokeling dengan ritual adat khas lengkap dengan baju adat serba hitam

Menurut Ketua Adat Kiai Sumitro, tradisi masyarakat Bonokeling diturunkan dari nenek moyang mereka dan dianggap sebagai milik seluruh nusantara, bahkan dunia.

Karena itu, siapa saja boleh sowan asalkan mematuhi aturan di desa tersebut, salah satunya harus mengikuti prosesi slametan dan memakai pakaian yang disesuaikan.

“Hari ini saya mengucapkan terima kasih kedatangan dari Bacapres dan Bacawapres Anies dan Muhaimin, selama ini belum pernah ada tamu yang langsung datang ke sini (capres cawapres), hanya utusan-utusan saja,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan Pak Anies dan Muhaimin apa yang diinginkan tercapai, kami hanya bisa memberikan doa kepada Allah SWT semoga doa ini tercapai,” tambahnya.

Konsistensi Warga Bonokeling dalam menjaga tradisi membuat pasangan AMIN kagum, apalagi Indonesia adalah sebuah negeri yang kaya raya dengan budaya.

Warisan leluhur ini dirawat dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat Bonokeling, di mana mereka terus menjaga menghormati warisan budayanya sampai dengan sekarang.

Konsistensi Warga Bonokeling dalam menjaga tradisi membuat pasangan Anies-Muhaimin kagum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close