Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Pilih-Pilih Makanan Disebabkan Kebiasaan Ibunya saat Hamil

Sabtu, 17 April 2021 – 10:09 WIB
Anak Pilih-Pilih Makanan Disebabkan Kebiasaan Ibunya saat Hamil - JPNN.COM
Ilustrasi anak. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Anak susah makan atau pilih-pilih makanan rupanya dipengaruhi oleh kebiasaan ibunya pada saat hamil dan menyusui.

Ketua Pokja Antropometri Kementerian Kesehatan dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM Prof. dr. Damayanti R Sjarif, Sp.A(K) mengatakan saat, berada dalam kandungan, sang anak mengkonsumsi makanan yang sama dengan ibunya.

Begitu juga pada saat pemberian ASI, apa pun yang dimakan ibu, akan dirasakan juga oleh bayinya.

"Anda sudah mendidik anak makan dari hamil, waktu menyusui ibu makan apa si anak juga ngerasin. Kalau mamanya enggak pilih-pilih, anaknya juga," kata Prof Damayanti belum lama ini.

Nyatanya, selama masa kehamilan dan menyusui, orang tua bisa memperkenalkan berbagai makanan, dengan harapan kemudian hari si kecil dapat menyukai jenis makanan apa pun yang diberikan.

"Saya perhatikan yang anaknya susah makan itu, saya tanya pada ibunya waktu hamil muntah-muntah apa tidak? Kalau iya, ya wajar karena bayinya engak kenal makanan, kalau dikenalkan dari hamil anaknya enggak akan rewel," ujar Prof Damayanti.

Pada saat anak memasuki masa makanan pendamping air susu ibu (MPASI), sebaiknya juga diberi makanan rumahan seperti yang disantap oleh keluarga.

Prof Damayanti tidak menyarankan bayi diberi makanan dari satu jenis bahan saja apalagi yang mengandung lebih banyak tepung.

Prof Damayanti mengatakan, anak pilih-pilih makanan disebabkan oleh kebiasaan ibunya saat hamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close