Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak yang Positif Covid-19 Bisa Tetap Minum Vitamin A? Begini Penjelasan Ahli..

Selasa, 10 Agustus 2021 – 11:54 WIB
Anak yang Positif Covid-19 Bisa Tetap Minum Vitamin A? Begini Penjelasan Ahli.. - JPNN.COM
Pemberian vitamin A untuk anak di saat pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Himawan Aulia Rahman, Sp.A mengingatkan pentingnya tetap memberikan vitamin A pada anak meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Dokter spesialis anak dari RS Cipto Mangunkusumo itu menyebut pemberian vitamin A bisa dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mengapa itu penting? Karena defisiensi atau kekurangan vitamin A itu cukup tinggi di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Di seluruh dunia, defisiensi vitamin A itu terjadi pada 30 persen anak di bawah usia 5 tahun," kata Himawan seperti dikutip dari Antara, Selasa (10/8).

Dia menjelaskan bagi anak-anak yang sedang terinfeksi Covid-19, pemberian vitamin A tetap dapat dilakukan.

Orang tua dapat meminta kapsul vitamin A ke posyandu atau puskesmas terdekat kemudian dapat memberikannya pada anak di rumah. Namun, dr. Himawan menegaskan kondisi orang tua maupun keluarga anak juga perlu dipastikan terlebih dulu.

"Kalau orang tuanya positif Covid juga, misal keluarganya positif covid kan harus melakukan isolasi mandiri. Jadi bisa ditunda hingga isolasi mandirinya itu selesai. Namun, jangan ditunda terlalu lama. Tetap harus diberikan di bulan ini," kata dokter yang merupakan ini.

Menurut dr. Himawan, penundaan dari pemberian Vitamin A ini tidak ada efek samping. Tetapi, Vitamin A perlu diperhatikan dosisnya. Sebab, mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan keracunan.

Pada umumnya pemberian Vitamin A sudah disesuaikan dan aman untuk anak-anak.

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Himawan Aulia Rahman, Sp.A mengingatkan pentingnya tetap memberikan vitamin A.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close