Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analis Intelijen Sebut Kesuksesan WWF 2024 Berkat Soliditas TNI Polri

Rabu, 22 Mei 2024 – 23:09 WIB
Analis Intelijen Sebut Kesuksesan WWF 2024 Berkat Soliditas TNI Polri - JPNN.COM
Analis intelijen Ngasiman Djoyonegoro menyebut kesuksesan pelaksanaan WWF 2024 berkat soliditas TNI dan Polri. Foto: Supplied for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Analis intelijen, pertahanan dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro menilai World Water Forum 2024 sangat strategis bagi Indonesia sebagai bagian dari pemrakarsa menjaga ketersediaan air dan keberlanjutannya.

Dia juga menilai pelaksanaan WWF Forum 2024 sukses digelar, di mana sejumlah kesepakatan dicapai, tak lepas dari peran sinergisitas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga situasi forum agar tetap kondusif.

Forum menghasilkan antara lain tiga kesepakatan tingkat menteri 106 negara dan 27 organisasi. Kemudian, 113 proyek terkait air senilai USD 9,4 M dan empat komitmen keadilan air oleh parlemen 49 negara.

“Forum ini memberikan keuntungan dari sisi ekonomi dan keberlanjutan bumi secara keseluruhan,” ujar pria yang akrab dipanggil Simon ini dalam keterangannya, Rabu (22/5).

Menurut Simon, dalam perspektif pertahanan dan keamanan dampak krisis iklim di masa depan salah satunya adalah kelangkaan sumber daya penghidupan manusia, di antaranya air.

Kelangkaan ini jika tidak diantisipasi dan dikelola dengan baik tak menutup kemungkinan mengakibatkan konflik di masyarakat.

“Akses yang berkeadilan terhadap air, menjaga kualitas air dari pencemaran dan tata kelola yang baik mau tidak mau harus dipersiapkan dari sekarang,” ucapnya.

Simon lebih lanjut mengatakan keberhasilan WWF 2024 dengan berbagai kesepakatan dan proyek memperlihatkan kepemimpinan Indonesia secara politik di level global.

Analis intelijen Ngasiman Djoyonegoro menyebut kesuksesan pelaksanaan WWF 2024 berkat soliditas TNI dan Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close