Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis Opung Panda soal Cara Jokowi Berpolitik: Tak Terduga & Menikmati Permainan

Sabtu, 19 November 2022 – 20:30 WIB
Analisis Opung Panda soal Cara Jokowi Berpolitik: Tak Terduga & Menikmati Permainan - JPNN.COM
Mantan wartawan cum politikus senior PDIP Panda Nababan. Foto: bangpanda.id

jpnn.com, JAKARTA - Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Panda Nababan menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menikmati permainan politik menuju Pilpres 2024.

Pernyataan Jokowi yang dianggap sebagai endorsement atau dukungan kepada tokoh-tokoh tertentu untuk maju di pilpres mendatang menunjukkan Presiden Ketujuh RI itu punya pengaruh besar di politik.

Panda menuturkan itu saat menjadi tamu pada diskusi siniar Total Politik yang disiarkan di YouTube baru-baru ini.

"Jokowi punya ilmu tersendiri dalam permainan politik yang enggak bisa kita duga," kata Panda.

Mantan wartawan itu membandingkan Jokowi dengan Presiden Kedua RI Soeharto. Menurut Panda, tokoh sentral Orde Baru itu memiliki orang-orang berlatar belakang militer seperti LB Moerdani, Yoga Soegomo, dan Ali Moertopo yang berperan menundukkan rival-rival politik Soeharto.

"Nah, Jokowi enggak punya yang begitu-begituan, tetapi dia bisa taklukkan, dia bisa kuasai, dia bisa pengaruhi," ucap Panda.

Mantan anggota DPR itu mencontohkan pidato Jokowi pada perayaan HUT ke-58 Golkar beberapa waktu lalu. Di forum itu Jokowi meminta Luhut Binsar Pandjaitan yang mengenakan jaket kuning khas Golkar berdiri.

Panda menyebut Jokowi mau menunjukkan bahwa Golkar memiliki dua menteri koordinator atau menko di pemerintahannya. Dua menteri dari Golkar itu ialah Airlangga Hartarto (menko perekonomian) dan Luhut (menko kemaritiman dan investasi).

Politikus senior PDIP Panda Nababan menilai Presiden Jokowi punya ilmu tersendiri dalam permainan politik yang tidak bisa diduga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close