Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggota Dewan Protes Publikasi Absensi

Setjen DPR Dinilai Langkahi Pimpinan

Jumat, 30 Juli 2010 – 10:42 WIB
Anggota Dewan Protes Publikasi Absensi - JPNN.COM
JAKARTA - Terkuaknya nama-nama anggota DPR yang kerap membolos dari sidang paripurna berbuntut panjang. Sejumlah anggota dewan menuding Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR membocorkan nama-nama itu. Mereka menilai Setjen telah melangkahi pimpinan DPR dan Badan Kehormatan dengan melakukan vonis melalui media massa.

Protes keras sejumlah anggota dewan itu terjadi dalam rapat paripurna DPR . Sekitar pukul 10.00 WIB, persidangan paripurna baru dibuka. Namun, hujan interupsi terkait dengan absensi anggota dewan langsung bermunculan. "Sejauh mana wewenang sekretariat untuk melansir nama-nama yang tidak hadir," protes Gandung Pardiman, anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar. Pascakritik pedas terkait absensi, jumlah anggota dewan yang hadir kemarin hanya 295 personel atau 52 persen.

Menurut Gandung, pengumuman yang dipublikasikan Setjen DPR itu tidak adil. Jika berani, seharusnya semua data absensi paripurna dikeluarkan Setjen. Sebab, tidak hanya anggota dewan, para pimpinan DPR juga kerap tidak hadir dalam sejumlah sidang paripurna. "Ada (pimpinan) yang bolos, kenapa tidak disebutkan. Saya minta penjelasan," ujarnya dengan nada tinggi. Hanya ada Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang tampak memimpin paripurna tersebut.

Politikus Golkar lainnya, Tantowi Yahya, juga mengungkapkan kekecewaannya atas publikasi tersebut. Menurut dia, ada informasi yang setengah-setengah disampaikan Setjen. Sebab, ada salah satu politikus Golkar yang sebenarnya sudah menyampaikan izin, tapi dianggap membolos. "Setjen harus klarifikasi, ada yang sakit, namun tidak diindahkan," sorotnya.

JAKARTA - Terkuaknya nama-nama anggota DPR yang kerap membolos dari sidang paripurna berbuntut panjang. Sejumlah anggota dewan menuding Sekretariat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close