Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Angkatan Laut Iran Pamerkan Rudal Kapal Perang Generasi Terbaru, Begini Kemampuannya

Kamis, 18 Juni 2020 – 19:45 WIB
Angkatan Laut Iran Pamerkan Rudal Kapal Perang Generasi Terbaru, Begini Kemampuannya - JPNN.COM
Pasukan Garda Revolusi Islam Iran di base rudal bawah tanah dengan unit pelontar di lokasi yang dirahasiakan, di foto yang tidak bertanggal dari Fars News. Ilustrasi Foto: REUTERS/farsnews.com/Handout via Reuters

jpnn.com, TEHRAN - Angkatan Laut Iran memamerkan rudal terbarunya dalam sebuah latihan perang di Samudera Hindia, Kamis (18/6). Rudal produksi dalam negeri itu bisa ditembakkan baik dari atas kapal perang ataupun darat.

"Selama latihan ini, rudal-rudal jarak pendek pesisir-ke-laut dan laut-ke-laut telah berhasil ditembakkan dari pesisir, juga dek kapal, mengenai sasaran dengan tepat," demikian dikutip dari laporan kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim.

Rudal kapal perang generasi terbaru itu mempunyai jarak tembak hingga 280 kilometer. Pada April lalu, Iran menyebut pihaknya sudah meningkatkan jarak tembak misil kapal perang hingga 700 kilometer.

Pencitraan militer Iran ini dilakukan saat ketegangan di Teluk Persia meningkat setelah Angkatan Laut Amerika Serikat mengancam akan menembak semua kapal yang mendekati armadanya di kawasan tersebut. AS baru-baru ini juga berupaya memperpanjang aturan PBB soal embargo senjata bagi Iran.

Sejumlah analis militer Barat berpendapat bahwa Iran melebih-lebihkan kemampuan senjata mereka. Meski begitu, para analis itu tetap berpendapat bahwa program rudal balistik jarak jauh harus diwaspadai. (ant/dil/jpnn)

loading...