Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Bangun Sistem Saringan Sampah Badan Air yang Pertama di Indonesia

Senin, 26 September 2022 – 13:30 WIB
Anies Bangun Sistem Saringan Sampah Badan Air yang Pertama di Indonesia - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan di Sungai Ciliwung segmen TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (26/9). Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup membangun sistem saringan sampah badan air.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan di Sungai Ciliwung segmen TB Simatupang, Jakarta Selatan, itu merupakan yang pertama di Indonesia.

"Ini adalah proyek pertama kali dan bahkan pertama kali di Indonesia  ada penyaringan seperti ini. Nah, kami lihat nanti seberapa efektif,” ucap Anies di lokasi, Senin (26/9).

Bila efektif, sistem tersebut dikembangkan di semua tempat, tidak hanya di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia.

Menurut dia, pembangunan sistem ini telah melalui kajian yang matang. 

Konsep perencanaan dibahas bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan disepakati dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Anies menceritakan pengalamannya saat mulai bekerja di Jakarta, yang mana terjadi timbunan sampah yang sangat banyak di Pintu Air Manggarai.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu lalu memikirkan cara agar ada penyaringan sampah di perbatasan Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Basedan membangun sistem saringan sampai di air. Sistem ini menjadi yang pertama dibangun di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close