Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Baswedan Ajak Masyarakat Pelajari Pemikiran Bung Karno di Harlah Pancasila

Sabtu, 01 Juni 2024 – 18:57 WIB
Anies Baswedan Ajak Masyarakat Pelajari Pemikiran Bung Karno di Harlah Pancasila - JPNN.COM
Anies Baswedan mengutus Tim Hukum Nasional (THN) Timnas AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) untuk mengajukan gugatan mengenai kecurangan pemilu 2024. Foto/arsip : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk mempelajari kembali pemikiran Proklamator RI Soekarno dan para pendiri bangsa di momentum Hari Lahir Pancasila.

Ajakan tersebut disampaikan Anies melalui akun X pribadinya yang dikutip Sabtu (1/6).

“Momentum hari ini, Hari Lahir Pancasila, mari gunakan untuk membaca kembali pemikiran Bung Karno, dan juga para pendiri bangsa lainnya, merenungi cita-cita yang mereka idamkan untuk bangsa yang besar ini. Selamat Hari Lahir Pancasila!” tulis Anies.

Eks capres nomor urut satu ini mengenang pidato Bung Karno pada sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945 silam.

Di sana, Bung Karno menyampaikan empat prinsip dasar negara. Bukan hanya kebangsaan Indonesia atau nasionalisme saja.

“Sering kita mengingat Bung Karno hanya pada prinsip pertamanya saja, yaitu Kebangsaan Indonesia, atau nasionalisme. Namun sesungguhnya, Bung Karno dalam pidatonya langsung melanjutkan prinsip pertama tadi dengan prinsip lainnya, yaitu: prinsip internasionalisme atau humanisme, prinsip mufakat atau demokrasi, dan prinsip kesejahteraan sosial,” kenang Anies.

Berangkat dari prinsip-prinsip tadi, Anies menyimpulkan bahwa peduli pada peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, memastikan segala bangsa telah meraih hak kemerdekaannya, adalah juga amanah Pancasila.

“Menjaga tegaknya prinsip-prinsip demokrasi, adalah juga amanah Pancasila. Mendorong negara menghadirkan keadilan sosial dalam segala kebijakannya, adalah juga amanah Pancasila, amanah Bung Karno,” tandasnya. (dil/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk mempelajari kembali pemikiran Proklamator RI Soekarno

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close