Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Baswedan Hanya Mau Main Aman, Saatnya Gabung PDIP

Senin, 26 Agustus 2024 – 17:05 WIB
Anies Baswedan Hanya Mau Main Aman, Saatnya Gabung PDIP - JPNN.COM
Anies Baswedan dan Ketua DPD PDIP Jakarta Adi Wijaya alias Aming di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/8). Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hingga Senin (26/8) sore ini, DPP PDI Perjuangan belum juga menetapkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Pengamat Politik Universitas Andalas Padang Asrinaldi menilai sudah saatnya Anies Baswedan menjadi kader partai demi mendapat dukungan politik yang maksimal.

"Sudah saatnya dia (Anies) harus berpartai karena dia sudah terjun ke dunia politik. Kita tahu bahwa konstitusi kita menyatakan dalam konteks presiden, konteks kebijakan dan seterusnya, aktor formalnya kan partai politik," kata Asrinaldi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Asrinaldi mengatakan, Anies tidak bisa selamanya bertindak sebagai tokoh independen yang berharap diusung oleh semua partai.

Konsep tersebut dinilai Asrinaldi tidak terlalu menguntungkan partai lantaran Anies tidak punya keterikatan langsung dengan partai pengusung.

Selain itu, Anies Baswedan juga dinilai hanya mau "main aman" dengan tidak menjadi kader.

Hal tersebut dilakukan agar Anies leluasa bisa bergabung dengan partai-partai lain sesuai dengan kondisi politik tertentu.

"Anies kan berposisi main aman juga bahwa dia ingin berada di semua kelompok, tetapi ternyata dalam dinamika politik apa yang coba ditawarkan Anies ini kan tidak semua partai tertarik," kata Asrinaldi.

Pilkada Jakarta 2024: Anies Baswedan dinilai hanya mau main aman dengan tidak menjadi kader partai politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA