Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Dinilai Sulit Tanpa Partai Maju Jakarta, RK Justru Tepat Masuk Golkar

Senin, 19 Agustus 2024 – 17:03 WIB
Anies Dinilai Sulit Tanpa Partai Maju Jakarta, RK Justru Tepat Masuk Golkar - JPNN.COM
Anies Baswedan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo menilai satu di antara pengganjal bagi Anies Baswedan berkontestasi pada pilkada 2024 ialah eks Mendikbud RI itu bukan kader partai.

"Jadi, salah satu faktor yang membuat Anies sulit untuk mendapatkan tiket maju di pilkada Jakarta,” kata dia kepada awak media, Senin (19/8).

Dia menuturkan setiap partai pada Pilkada 2024 tentu ingin memajukan kader internal sebagai kandidat, entah sebagai calon kepala atau wakil kepala daerah.

Misalnya, kata Ibnu, PKS sebagai partai pemenang pileg di Jakarta 2024 yang kukuh meminta kader internal bisa berkontestasi sebagai cawagub.

Dia menilai sangat masuk akal dan rasional jika kemudian PKS akhirnya batal mendukung Anies dan merapat menyokong RK menjadi bagian dari KIM Plus.

Toh, ujar Ibnu, PKS berhak menempatkan kader mereka sebagai cawagub untuk mendampingi RK pada Pilkada Jakarta 2024.

"Itu kalau nggak diambil sayang banget, karena enggak ada tawaran lain, secara logis pasti diambil karena (PKS, red) dengan Anies juga belum tentu maju, belum ada partai yang mau koalisi," ungkapnya.

Berangkat dari situ, Ibnu menilai pilihan RK untuk berpartai dengan masuk Golkar dan kini menempati posisi wakil ketua umum.

Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo menilai tepat langkah Ridwan Kamil atau RK menjadi kader partai. Kenapa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA