Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Dorong Koperasi Perumahan sebagai Alternatif Pengadaan & Pembiayaan Hunian

Sabtu, 11 November 2023 – 10:50 WIB
Anies Dorong Koperasi Perumahan sebagai Alternatif Pengadaan & Pembiayaan Hunian - JPNN.COM
Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjadi pembicara pada talk show bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bakal capres Pemilu 2024 Anies Baswedan menilai koperasi bisa menjadi solusi dalam masalah pengadaan rumah maupun pembiayaan hunian.

Kandidat presiden dari Koalisi Perubahan itu menegaskan koperasi bisa menjadi alternatif ketika rakyat kesulitan mengakses kredit pemilikan rumah atau KPR.

“Koperasi perumahan ini bisa menjadi alternatif pengadaan dan pembiayaan untuk rumah-rumah di Indonesia, khususnya bagi mereka yang memiliki kendala akses terhadap KPR,” kata Anies saat menjadi pembicara pada bincang-bincang bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu menambahkan koperasi perumahan merupakan hal yang lumrah di seluruh dunia. Anies lantas mencontohkan The San Remo, apartemen di New York, Amerika Serikat.

Banyak tokoh kondang, seperti pegolf Tiger Woods, sineas Steven Spielberg, hingga pendiri Apple Steve Jobs yang tinggal di apartemen mewah itu. Menurut Anies, San Remo adalah housing cooperative atau koperasi perumahan.

Anies juga mencontohkan koperasi perumahan di Jerman yang lebih dikenal dengan sebutan Wohnungsbaugenossenschaften.

“Koperasi di Jerman hadir untuk memberikan penyediaan hunian bagi anggotanya,” kata bakal capres yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar itu.

Kini, DPP Apersi 2021 - 2025 di bawah kepemimpinan Juniadi Abdillah juga membentuk koperasi untuk anggotanya. Pembentukan koperasi tersebut juga untuk menyediakan alternatif pembiayaan pembangunan.

Bakal capres Pilpres 2024 Anies Baswedan menyatakan koperasi bisa menjadi alternatif ketika rakyat kesulitan mengakses kredit pemilikan rumah atau KPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close