Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Dorong Penggunaan Tes PCR Covid-19

Kamis, 16 April 2020 – 23:52 WIB
Anies Dorong Penggunaan Tes PCR Covid-19 - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto:dok ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rapid test untuk Covid-19 memiliki potensi kekeliruan yang tinggi. Oleh karena itu, ia mendorong lebih banyak tes menggunakan polymerase chain reaction (PCR).

“Rapid tes punya potensi kekeliruan tinggi. Kami dorong peningkatan tes PCR. Lebih baik fokus PCR daripada rapid test,” ujar Anies saat rapat dengan Tim Pengawasan DPR Penanggulangan Covid-19, Kamis (16/4), secara virtual.

Anies menjelaskan kekhawatiran tes Covid-19 menggunakan rapid test. Menurut dia, saat hasil tes menggunakan rapid test negatif padahal belum terbukti dan bisa menjadi positif, maka bisa jadi potensi menularkan yang cukup tinggi.

“Ini amat kami khawatirkan,” kata dia.

Oleh karena itu, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini berharap peningkatan kapasitas PCS bisa didorong lebih jauh lagi.

Sisi lain, Anies juga mengungkap bahwa kebutuhan alat pelindung diri (APD) di DKI Jakarta terus mengalami peningkatan. Menurut dia, bila  sampai minggu lalu kebutuhan per harinya 5000, sekarang sudah menjadi 10 ribu per hari.     

Ia menjelaskan peningkatan pesat ini terjadi karena aktivitas yang meningkat, baik itu itu di pusat kesehatan masyarakat, maupun laboratorium terkait Covid-19. Tidak hanya itu, kata Anies, APD juga dibutuhkan untuk pemulasaran jenazah, sampai petugas ambulance.

 “Secara umum memang kebutuhan APD terpenuhi, tetapi sebetulya demand meningkat signifikan. Ke depan kita harus bersiap kebutuhan APD lebih tinggi dari sekarang,” kata dia.

Anies Baswedan mendorong lebih banyak tes menggunakan polymerase chain reaction (PCR) untuk covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close