Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Keluarkan Aturan Denda Rp250 Ribu Bagi Warga Tak Bermasker, Polisi Lakukan Ini

Selasa, 12 Mei 2020 – 16:12 WIB
Anies Keluarkan Aturan Denda Rp250 Ribu Bagi Warga Tak Bermasker, Polisi Lakukan Ini - JPNN.COM
Warga menggunakan masker wajah saat melintasi kawasan MH. Thamrin, Jakarta. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan COVID-19 di Jakarta.

Dalam Pergub yang ditandatangani Anies pada 30 April itu, warga yang kedapatan tidak memakai masker bisa didenda Rp250 ribu. Dalam penindakannya, diatur akan dilakukan Satpol PP serta ASN Pemprov DKi dan dapat didampingi pihak kepolisian.

Terkait adanya aturan itu, Polda Metro Jaya siap untuk melakukan pendampingan. Namun, polisi bakal mempelajari terlebih dahulu bagaimana mekanisme di lapangan.

“Pergubnya memang sudah keluar, tetapi kami harus pelajari dulu Pergub itu,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo, Selasa (12/5).

Menurut Sambodo, hal itu perlu dilakukan agar pihaknya tahu sebesar apar porsi kepolisian dalam Pergub tersebut.

Diketahui, Pergub Nomor 41 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di DKI Jakarta itu tak hanya mengatur pelanggaran bagi masyarakat umum dan pengendara sepeda motor saja, tetapi juga menjelaskan sanksi bagi kegiatan lainnya.

Salah satunya terkait masyarakat yang tidak menggunakan masker di luar rumah, tempat umum, atau fasilitas umum selama pemberlakuan PSBB dikenakan sanksi, berupa teguran tertulis, kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi, hingga denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 250 ribu.(cuy/jpnn)

Dalam Pergub yang ditandatangani Anies pada 30 April itu, warga yang kedapatan tidak memakai masker bisa didenda Rp250 ribu.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close