Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Sebut Kampus Bersuara Bukan karena Partisan, tetapi Saluran Demokrasi Mampet

Senin, 05 Februari 2024 – 23:35 WIB
Anies Sebut Kampus Bersuara Bukan karena Partisan, tetapi Saluran Demokrasi Mampet - JPNN.COM
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/2). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri Desak Anies di Semarang, Jawa Tengah, Senin (5/2).

Menjawab pertanyaan tentang keprihatinan mayoritas intelektual kampus terhadap kondisi darurat demokrasi, Anies mengungkapkan dalam sistem politik demokrasi, ada saluran-saluran yang dipakai untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, yakni DPR dan partai politik.

“Ketika saluran-saluran itu berfungsi, kampus akan berkonsentrasi pada urusan pendidikan dan urusan penelitian. Karena proses politik berjalan. Apa yang menjadi aspirasi publik diproses. Namun, ketika yang menjadi aspirasi publik itu tidak lagi diungkapkan oleh partai-partai, dewan, yang terjadi justru penseragaman. Terjadi kemampetan. Maka aspirasi itu mencari jalur baru. Kampus menjadi artikulator ketika aspirasi itu mampet,” ujar Anies.

Dia mengungkapkan, ketika kampus-kampus menyuarakan pendapat, artinya ada aspirasi yang kuat yang mampet, yang tidak diutarakan dalam saluran-saluran politik yang ada.

“Di situ kemudian kampus bergerak dan menyuarakan, karena di situ kampus tempat kaum cendekia membaca situasi apa yang terjadi. Tetapi mereka juga tahu ini bukan wilayah yang mereka perlu terlibat secara langsung, ketika proses politik berjalan. Tetapi ketika itu mampet, mereka bersuara,” ujar Anies.

Anies pun menegaskan kampus tidak berpolitik secara partisan.

“Kampus berpolitik secara kenegaraan. Jangan menganggap kampus partisan, karena kampus itu pandangannya beda-beda. Datang ke UGM, pandangannya beda-beda.

Datang ke Undip, pandangannya beda-beda. Tetapi begitu sampai pada urusan etika, urusan tata negara mereka berpandangan sama,” ujar dia.

Anies mengatakan ketika kampus-kampus menyuarakan pendapat, artinya ada aspirasi yang kuat yang mampet, yang tidak diutarakan dalam saluran-saluran politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close