Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anis Matta Nilai Revolusi Mental Bisa Menjadikan Indonesia Disegani Dunia

Senin, 17 Agustus 2020 – 23:25 WIB
Anis Matta Nilai Revolusi Mental Bisa Menjadikan Indonesia Disegani Dunia - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta. Foto: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta berbicara tentang strategi kebudayaan agar menjadikan Indonesia disegani di dunia. Strategi kebudayaan yang dimaksud, kata dia, dengan melakukan revolusi mental kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Anis mengatakan itu saat menggelar keterangan secara virtual menyangkut Akademi Pemimpin Indonesia (API) dan Orientasi Kepemimpinan (OKE) Gelora, Senin (17/8).

"Budaya apa yang perlu dimiliki Indonesia untuk sampai ke sana? Transformasi budaya dan karakter kita sebagai bangsa yang menjadi fondasi dari transformasi besar-besaran. Artinya harus ada revolusi mental, revolusi pemikiran," kata Anis.

Menurut dia, revolusi mental bisa berjalan efektif ketika dielaborasi lebih dalam ke sistem pendidikan nasional dan rekayasa kebudayaan.

Sebab, ujar dia, revolusi mental bisa terjadi ketika masyarakat Indonesia berpengetahuan luas.

"Misalnya bagaimana menjadikan Indonesia knowledge society atau masyarakat bepengetahuan. Ini diperlukan skema perubahan yang efektif mengubah karakter dan budaya masyakarkat sebara umum. Begitu juga di birokrasi dan seluruh organisasi pemerintahan lainnya. Harus ada perubahan budaya, perilaku, karakter dan nilai umum di masyarakat," ucap dia.

Lebih lanjut, kata dua, pekerjaan rumah Indonesia yakni menetapkan nilai-nilai dasar dalam revolusi mental. Kemudian nilai itu menjadi fondasi dari karakter politik bangsa Indonesia.

"Kira-kira ide itu yang kami tanamkan dalam kaderisasi kami. Oleh karena itu kami membangun dan materi dasar yang diikuti seluruh kader yaitu model manusia Indonesia," pungkas Anis. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Bagaimana menjadikan Indonesia disegani di dunia? Berikut caranya menurut Anis Matta.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close