Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antam Kaji Relokasi ke Sidoarjo

Pasar Emas Jawa Timur Menjanjikan

Jumat, 12 September 2008 – 11:30 WIB
Antam Kaji Relokasi ke Sidoarjo - JPNN.COM
JAKARTA – Produsen nikel dan emas PT Aneka Tambang Tbk berencana melakukan pemindahan pabrik untuk pemurnian emasnya ke Jatim. Perusahaan pelat merah itu bakal merelokasi pabrik pemurnian emasnya di Pulo Gadung, Jakarta ke kawasan Gedangan, Sidoarjo. "Kami sudah punya aset tanah di Gedangan, sekarang masih terus kami kaji masalah relokasi tersebut," ujar Corporate Secretary Antam Bimo Budi Satriyo di Jakarta, Kamis (11/9).

Alasan perseroan memilih Sidoarjo karena prospek perdagangan emas di Jatim sangat cerah. "Perdagangan emas di Surabaya sangat besar. Perseroan membidik itu," tuturnya. Selain itu, dengan relokasi pabrik ke Sidoarjo, perseroan juga menyasar pasar di Bali. Bimo mengatakan, gabungan perdagangan emas di Jatim dan Bali sangat menjanjikan.

Menurut Bimo, rencana itu sebenarnya sudah ada sejak lama seiring keinginan perseroan untuk fokus pada pasar Indonesia timur. Hanya saja, perseroan masih terkendala persoalan pasokan bahan baku. "Kami merencanakan mendapat bahan baku dari pabrik Smelting di Gresik," tuturnya. Hanya saja, rencana mendapat bahan baku dari Gresik sampai saat ini masih belum berhasil. Sehingga, rencana relokasi pabrik itu belum terwujud.

Dengan mendapat pasokan bahan baku dari Smelting Gresik, kata dia, unit pemurnian emas di Sidoarjo itu akan dapat berproduksi lebih efektif dan efisien. Sebab, kedekatan geografis antara keduanya memudahkan operasional perseroan.

JAKARTA – Produsen nikel dan emas PT Aneka Tambang Tbk berencana melakukan pemindahan pabrik untuk pemurnian emasnya ke Jatim. Perusahaan pelat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close