Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antara Porto dan Lisbon, Antara Benfica dan Fatima

Sabtu, 18 Agustus 2012 – 07:29 WIB
Antara Porto dan Lisbon, Antara Benfica dan Fatima - JPNN.COM
PORTO memang tua, tapi sangat cantik karena banyak gedung lama nan indah arsitekturnya, ditambah Sungai Duomo yang bisa dilayari yacht besar. Keramahan dan kesopanan orang Portugal sungguh di luar dugaan saya. Kekhawatiran saya, bahwa Portugal akan sensi dengan saya yang Indonesia karena pernah bermusuhan dengan RI masalah Timor Leste, ternyata tidak terbukti. Apalagi, saat ini Eropa lagi krisis, sedangkan Asia sedang berjaya.

 

Saat jadi keynote speaker sebuah konferensi tahunan marketing di Porto, saya datang dua hari lebih awal. Itu memang kebiasaan saya bila diundang bicara di sebuah kota yang belum pernah saya kunjungi. Tujuannya, tidak lain ya mempelajari situasi setempat, termasuk local wisdom-nya.

Rui Ribeiro, sahabat saya di sana, ada miripnya dengan saya, memulai membangun perusahaan konsultan pemasaran QSP pada lima tahun yang lalu. Dia menemukan nama saya di internet dan tertarik pada konsep marketing yang saya kembangkan. Karena itu, dia lantas mengundang saya.

Walaupun hanya dibantu empat staf, dia mampu mengorganisasi sebuah The QSP Summit yang selalu dihadiri 500 orang tiap tahun. Saya bilang kepada dia, sampai lima tahun MarkPlus Inc didirikan dari Surabaya, yang juga kota terbesar kedua di Indonesia, saya juga hanya dibantu empat orang.

PORTO memang tua, tapi sangat cantik karena banyak gedung lama nan indah arsitekturnya, ditambah Sungai Duomo yang bisa dilayari yacht besar. Keramahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA