Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Antisipasi Banjir, Polisi Tanam Ribuan Pohon di Pinggiran Tol

Sabtu, 18 Januari 2020 – 06:01 WIB
Antisipasi Banjir, Polisi Tanam Ribuan Pohon di Pinggiran Tol - JPNN.COM
Kegiatan penanaman pohon di sekitar tol oleh Korlantas Polri. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, BOGOR - Jajaran Korlantas melanjutkan program Polri Peduli Lingkungan. Setelah bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menyadarkan kepedulian masyarakat akan sampah, kini Polri melakukan aksi penanaman pohon di pinggiran tol.

Lokasi yang dipilih yakni pinggiran tol yang ada di kawasan Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono bersama jajaran pejabat utama.

“Ini merupakan kebijakan Kapolri dengan Polri Peduli Lingkungan. Kita sama-sama membenahi jalan yang rawan banjir dan longsor, ini merupakan bagian respons cepat dalam mengantisipasi bencana,” ujar Istiono.

Dari kegiatan ini, total ada 3.000 jenis pohon yang ditanam. Antara lain mahoni, bolin, dan eboni. Jenis tersebut merupakan pohon keras yang meresap air. 

Mantan Kapolda Bangka Belitung ini menambahkan dengan penanaman pohon, selain bisa menguatkan struktur tanah, diharapkan bisa menyerap udara kotor dan beracun seperti di sepanjang jalan tol.

“Indonesia ini negeri yang subur, seperti kutipan lagu Koes Plus, orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Nah apalagi tanam biji buah, pasti akan tumbuh. Hebat Indonesia itu,” sambung dia.

Istiono menambahkan, apabila masyarakat bisa sadar seperti ini, bencana alam seperti banjir dan longsor pasti akan berkurang.

“Kami berharap dengan diinisiasinya program peduli penghijauan ini, masyarakat pun akan ikut serta dalam penanaman pohon. Targetnya satu orang tanam 25 pohon selama hidup,” tandas kakorlantas. (cuy/jpnn)

loading...