Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Dampak El Nino, Mentan Syahrul Yasin Limpo Naik Indeks Pertanaman di Sumut

Jumat, 04 Agustus 2023 – 17:50 WIB
Antisipasi Dampak El Nino, Mentan Syahrul Yasin Limpo Naik Indeks Pertanaman di Sumut - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi El Nino di Sumut, Jumat (4/8). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MEDAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak pemerintah daerah dan petani di Sumatera Utara menaikkan indeks pertanaman (IP) di lahan pertanian eksisting.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dampak El Nino terhadao produksi padi dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok.

Mentan Syahrul lantas menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar upaya mengatasi dampak El Nino yang akan terjadi utamanya pada sektor pangan dilakukan sedini mungkin.

Hal ini perlu dilakukan agar kondisi ketersediaan pangan khususnya beras harus bisa dijamin secara maksimal.

“Bapak Presiden memerintahkan kepada saya mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektare di seluruh Indonesia. Ini bukan membuat lahan baru, tetapi menambah pertanaman baru," kata Mentan Syahrul dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi El Nino di Sumut, Jumat (4/8).

Dia pun menjelaskan upaya menambah pertanaman baru yang sebelumnya hanya satu atau dua kali dalam setahun ditingkatkan jadi dua sampai tiga kali tanam.

"Kami naiknya jumlah pertanaman sehingga produksi juga meningkat,” terangnya.

Dia mengatakan ada enam provinsi di seluruh Indonesia yang akan dilakukan intervensi Kementerian Pertanian (Kementan), yakni Sumatera Selatan, Sumatera Utara, 3 Provinsi di Jawa, dan Sulawesi Selatan, ditambah Provinsi pendamping yakni Lampung, NTB, Kalsel maupun Banten.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menaikkan IP pertamanan sawit di lahan pertanian eksisting. sebagai upaya antisipasi dampak El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close