Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

APA Mampu Bangkitkan Ekonomi Asia

Kamis, 27 November 2008 – 18:28 WIB
APA Mampu Bangkitkan Ekonomi Asia - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua DPR RI HR Agung Laksono mengatakan, krisis likuiditas serta menurunnya stabilitas ekonomi dan keuangan telah menyebabkan perdagangan dan produksi di sejumlah negara "mati suri.” Namun dalam situasi seperti ini, negara-negara di kawasan Asia bisa berperan untuk membangkitkan perekonomian dunia.

Demikian dikatakan Ketua DPR Agung Laksono pada pembukaan Sidang Parlemen Asia (APA) ke-3 di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (27/11). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam acara tersebut sekaligus membuka acara. Menurut Agung, krisis ekonomi dunia yang dipicu krisis finansial dan perbankan harus segera ditanggulangi agar tidak menjadi “tsunami” ekonomi yang memberikan dampak ganda dan sangat besar terhadap seluruh sektor kehidupan di berbagai negara.“Penanggulangan dampak krisis harus dilakukan semua negara, terutama negara-negara maju.”kata Agung. Terlebih lagi ia menyambut positif pertemuan 20 pemimpin negara maju dan berkembang di Washington DC pertengahn bulan ini.

Namun hasil pertemuan itu baru dalam bentuk kesepakatan yang masih perlu ditindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya untuk membuat program lebih kongkrit."Masyarakat dunia menunggu dan terus memonitor dalam rangka keberpihakan kita terhadap tetap tumbuhnya pembangunan ekonomi," tegas Agung.

Lebih lanjut ia menambahkan, pereknomian setiap negara sudah menjadi bagian dari perekonomian global yang terintegrasi dan saling tergantung. "Kita tidak ingin kemiskinan tumbuh subur karena situasi krisis global. Kita juga tidak ingin terjadi depresi ekonomi seperti yang pernah terjadi tahun 1930 dan krisis moneter tahun 1997-1998," jelasnya.

JAKARTA - Ketua DPR RI HR Agung Laksono mengatakan, krisis likuiditas serta menurunnya stabilitas ekonomi dan keuangan telah menyebabkan perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA