Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aparatur Desa Harus Menerapkan Hasil Pelatihan P3PD di Lapangan

Rabu, 02 Oktober 2024 – 09:18 WIB
Aparatur Desa Harus Menerapkan Hasil Pelatihan P3PD di Lapangan - JPNN.COM
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P. Bolombo memberikan pengarahan pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Tahun Anggaran 2024 di Kota Bandung, Selasa (1/10). Foto: Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - BANDUNG - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) La Ode Ahmad P. Bolombo meminta aparatur desa yang ikut pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) akan menerapkan ilmunya di lapangan.

Melalui pelatihan P3PD diharapkan peserta terus mempelajari dan menyerap materi pelatihan, baik dalam konteks tematik maupun pengembangan kompetensi manajerial dan kepemimpinan.

"Peserta juga diharapkan dapat mempraktikkan ilmu dan wawasan yang didapat untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan di desa, perencanaan pembangunan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik," kata La Ode saat memberikan pengarahan pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Tahun Anggaran 2024 Provinsi Jawa Barat Batch 10, di Kota Bandung, Selasa (1/10).

Dia menekankan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus memajukan dan memampukan desa melalui kebijakan yang terencana secara matang.

"Pemerintah bersama-sama akan terus berusaha memampukan dan memajukan desa dengan dukungan kebijakan yang terstruktur, mulai dari perencanaan jangka panjang, menengah, hingga tahunan, yang linier dari pusat ke desa, maupun dari desa ke pusat," ujar La Ode.

Dia menjelaskan, pelatihan peningkatan kapasitas ini merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam memperkuat kapasitas aparatur desa agar mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, khususnya dalam mengelola pemerintahan desa dan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi kesungguhan seluruh peserta dalam mengikuti pelatihan.

La Ode berharap semangat peserta tetap terjaga hingga pelatihan selesai.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P. Bolombo meminta aparatur desa yang ikut pelatihan P3PD menerapkan ilmunya di lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA