Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

APBD Kabupaten Puncak Rp 1,56 Triliun, Pj Bupati Ingatkan Hal Ini

Jumat, 19 Januari 2024 – 08:06 WIB
APBD Kabupaten Puncak Rp 1,56 Triliun, Pj Bupati Ingatkan Hal Ini - JPNN.COM
Penjabat Bupati Puncak Ir Darwin Tobing saat menyerakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) satuan perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten puncak. foto: Dinas Kominfo Puncak.

jpnn.com, PUNCAK - Penjabat atau Pj Bupati Puncak Darwin Tobing menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2024 kepada Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemkab setempat.

Adapun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Puncak Tahun 2024 sebesar Rp1,56 triliun. Dana tersebut berasal dari berbagai sumber anggaran, termasuk dana Otonomi Khusus (Otsus).

Darwin berharap para pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran membuat rencana kerja sehingga target kinerja dapat terealisasi tepat waktu dan tepat sasaran.

"Semua program kegiatan harus terlaksana secara rinci, terpadu, saling mendukung antara program yang satu dengan program yang lainnya, bahkan harus sejalan dengan arah kebijakan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat," terangnya.

Di samping itu, dia berpesan agar pimpinan SKD harus mampu meningkatkan kualitas belanja APBD dengan memastikan alokasi anggaran benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang memiliki nilai tambah besar bagi masyarakat.

“Perlu melakukan efisiensi terhadap belanja operasional dan sebagainya. bukan justru sebaliknya hanya sekadar menghabiskan anggaran tanpa arah yang jelas dan terukur,” tutur Darwin.

Selain itu, Darwin menekankan agar SKPD harus mampu dan bisa menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat sesuai dengan kewenangan dan tupoksinya.

“Saya harap seluruh pelaksanaan program pembangunan tahun ini dapat dilakukan dengan baik dan lancar, saya minta agar pelaksanaan pengadaan barang jasa dilakukan melalui bagian UKPBJ di setda, dan segera berproses sehingga kegiatan fisik dapat lebih awal dilaksanakan," ucapnya.

Pj Bupati Puncak Darwin Tobing ingatkan OPD di daerah itu bekerja sesuai aturan dalam penggunaan APBD Puncak Rp 1,56 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close