Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arab Saudi Pilih Menggempur Syria Bersama Amerika

Kamis, 19 April 2018 – 09:54 WIB
Arab Saudi Pilih Menggempur Syria Bersama Amerika - JPNN.COM
Militer Arab Saudi. Foto: Youtube

jpnn.com - Amerika Serikat sedang melobi negara-negara sekutunya, selain Inggris dan Prancis, untuk mengirim tentara ke Syria. Namun, sejauh ini baru Arab Saudi yang menyatakan mau.

Saudi sendiri sudah lama pengin terlibat langsung dalam perang Syria. Pasalnya, ada Iran di kubu Presiden Bashar Al Assad.

”Kami sedang mendiskusikan hal ini dengan AS. Sejak awal krisis Syria, kami ingin mengirimkan pasukan ke sana,” ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Jubeir.

Saudi pernah menawarkan diri saat periode kepemimpinan Barack Obama. Tapi, saat itu tawaran tersebut tak digubris oleh Obama.

Jika Saudi masuk, Syria bisa menjadi medan perang proxy dengan Iran. Sama halnya dengan Yaman.

Sangat mungkin AS menawari Saudi menjadi bagian dari Major Non-NATO Ally (MNNA). Itu adalah kelompok negara-negara sekutu AS yang bukan anggota NATO.

Mereka yang tergabung dalam MNNA bisa mendapatkan berbagai keuntungan kerja sama militer dengan Negeri Paman Sam tersebut. Status itu bisa menjadi jaminan keamanan AS untuk Saudi di masa depan. (sha/c6/dos)

Arab Saudi sudah lama ngebet terlibat langsung dalam perang Syria. Kini Amerika Serikat memberi kesempatan untuk membombardir sesama negara Arab itu

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close