Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arief Poyuono Kaitkan Omongan Prabowo soal Kereta Cepat dengan Utang Negara

Rabu, 17 Juli 2024 – 20:16 WIB
Arief Poyuono Kaitkan Omongan Prabowo soal Kereta Cepat dengan Utang Negara - JPNN.COM
Ketua Umum FSP BUMN Bersatu Arief Poyuono. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum FSP BUMN Bersatu Arief Poyuono punya analisis menarik soal pernyataan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto terkait pembangunan infrastruktur, salah satunya kereta cepat.

Diketahui, Prabowo dalam acara pembekalan calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (12/7), mengatakan untuk apa membangun bandara, kereta api cepat dan lainnya kalau tidak utuh, tidak aman, serta tidak terlindungi.

Nah, Arief yang pernah menjabat wakil ketua umum Partai Gerindra, mengaitkan hal itu dengan kondisi keuangan negara yang harus utang untuk membangun infrastruktur.

"Ini alasan yang mendasar kenapa? Ya, buat apa bangun kereta cepat, waduk dll kalau kita harus tambah utang lagi nantinya, sehingga keselamatan dan keamanan negara juga rakyat bisa terganggu," ujar Arief.

Dia menjelaskan bahwa makin banyaknya utang negara bakal berdampak pada naiknya suku bunga, pajak pun naik, sementara kurs rupiah makin lemah.

"Dampaknya harga-harga barang akan naik juga. Belum lagi inflasi tinggi yang bisa menyebabkan sektor usaha lesu dan kemudian terjadi PHK dan kesulitan ekonomi," tutur Arief.

Lebih jauh, kesulitan ekonomi menurutnya bakal membuat stabilitas dan keamanan negara bisa melemah.

"Hal ini sudah ada contohnya seperti Sri Lanka. Akibat utang negara yang bertumpuk menyebabkan kurs sebuah negara ambruk terhadap USD, dan gagal bayar utang negara. Akhirnya presidennya digulingkan," ujar Arief.

Ketua FSP BUMN Bersatu Arief Poyuono mengaitkan omongan Menhan Prabowo Subianto tentang infrastruktur bandara hingga kereta cepat dengan utang negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA