Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arif Sebut Ridwan Kamil Berpeluang Besar Menang di Pilkada Jabar, Begini Argumentasinya

Senin, 10 Juni 2024 – 12:00 WIB
Arif Sebut Ridwan Kamil Berpeluang Besar Menang di Pilkada Jabar, Begini Argumentasinya - JPNN.COM
Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam (ANTARA/Fauzi Lamboka)

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia (SDI) Arif Nurul Imam menilai Ridwan Kamil berpeluang besar menang di Pilkada Jawa Barat. Dia menilai elektabilitas Ridwan Kamil sebagai mantan gubernur Jawa Barat sudah teruji.

"Sebagai mantan gubernur Jawa Barat, elektabilitasnya sudah teruji. Apalagi banyak program dan terobosan, yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," katanya dihubungi di Jakarta, Senin (10/6).

Meskipun Ridwan Kamil sudah tidak lagi menjabat sebagai gubernur, lanjut dia, masyarakat Jabar tetap mengingat nama RK. Walaupun di waktu bersamaan, RK yang merupakan kader Partai Golkar itu juga didorong maju di Pilkada DKI Jakarta.

"Kalau potensi kemenangan, lebih besar di Jawa Barat, tetapi dilihat dari posisi strategis politik, Jakarta lebih menguntungkan untuk tokoh dan partai politik," ungkapnya.

Menurut dia, Ridwan memiliki potensi elektoral besar di Jakarta. Sebab, Jakarta merupakan etalase politik nasional. "Pilkada Jakarta sama dengan pemilihan presiden (pilpres) mini di Indonesia," ujarnya.

Dia mengatakan siapa pun tokoh politik yang dipilih di Jakarta, tentunya memiliki nilai tawar untuk pilpres selanjutnya. Oleh karena itu, saat ini Partai Golkar masih mempertimbangkan untuk menempatkan Ridwan Kamil di Jabar atau Jakarta. "Kalaupun nantinya hasil survei Ridwan Kamil di Jakarta bagus, kemungkinan itu menjadi pilihan Golkar," katanya.

Terkait siapa yang nantinya berpasangan dengan RK, Arif menyebutkan nama Dedi Mulyadi, mantan politikus Golkar yang saat ini berlabuh di Partai Gerindra. "Kalau itu terjadi, selesai itu Pilkada Jabar. Belum ada tokoh yang menyaingi elektabilitas dua nama itu," katanya menegaskan.

Sebelumnya, survei terbaru SMRC menempatkan nama Ridwan Kamil berada di urutan pertama top of mind responden saat dilakukan simulasi nama terbuka siapa yang bakal dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini. RK dipilih 52,2 persen responden SMRC pada survei yang digelar 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

Analis politik Arif Nurul Iman menyebut Ridwan Kamil berpeluang besar menang di Pilkada Jabar, begini argumentasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close