Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arsitek Perang Gerilya Vietnam Meninggal Dunia

Sabtu, 05 Oktober 2013 – 13:35 WIB
Arsitek Perang Gerilya Vietnam Meninggal Dunia - JPNN.COM

jpnn.com - HANOI--Jenderal Vo Nguyen Giap, yang disebut sebagai bapak arsitek perang gerilya Vietnam saat melawan Prancis dan Amerika Serikat, meninggal dunia pada usia 102 tahun.

Salah satu keberhasilannya adalah memukul pasukan Prancis di Dien Bien Phu pada 1953. Dia kemudian memimpin Serangan Tet terhadap  pasukan Amerika Serikat tahun 1968, yang disebut-sebut sebagai salah satu faktor dalam penarikan mundur pasukan AS dari Vietnam.

Saat itu pasukan Vietnam Utara menyerang lebih dari 40 kota dan memasuki Saigon -yang masih menjadi ibukota Vietnam Selatan- dan sempat menduduki Kedutaan Besar AS.

Menurut laman BBC (4/10), Nguyen lahir di Provinsi Quang Binh pada masa penjajahan Prancis. Dia bergabung dengan gerakan perlawanan pada usia 14 tahun.

Tahun 1938 sebagai anggota Partai Komunis Indocina pimpinan Ho Chi Minh, dirinya sempat melarikan diri bersama Ho menjelang invasi Jepang ke Vietnam.

Dia juga mengatur tentaranya dari China dan tahun 1944 kembali ke ke Vietnam untuk melancarkan perang gerilya melawan pendudukan Jepang.

Setelah perang, Jenderal Giap menjabat menteri pertahanan serta menjadi wakil perdana menteri tahun 1976 dan pensiun enam tahun kemudian. Semasa kepemimpinannya, dengan taktik gerilya, dirinya berhasil mengalahkan tiga kekuatan militer utama. (esy/jpnn)

:ads="1"

HANOI--Jenderal Vo Nguyen Giap, yang disebut sebagai bapak arsitek perang gerilya Vietnam saat melawan Prancis dan Amerika Serikat, meninggal dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA