Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arsjad Dorong UMKM Jadi Pemain Terdepan di Pasar Global

Selasa, 11 Mei 2021 – 18:20 WIB
Arsjad Dorong UMKM Jadi Pemain Terdepan di Pasar Global - JPNN.COM
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid memaparkan visi dan misi sebagai Caketum Kadin Indonesia. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid berkomitmen akan memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Dia pun bertekad mendorong para pelaku UMKM agar bisa jadi pemain di pasar global.

Arsjad mengatakan, ekspor produk-produk UMKM yang kini berada pada kisaran 14 persen, pada akhir tahun ini diharapkan akan naik menjadi 15,12 persen.

Ia pun mendorong agar ke depan, kontribusi ekspor UMKM Indonesia dapat melampaui kinerja negara-negara lain, seperti Singapura yang mencapai 41 persen dan Tiongkok sebesar 60 persen.

“Kadin akan terus mendorong pelaku UMKM dan ekonomi kreatif untuk naik kelas. UMKM kita harus menjadi pemain terdepan di pasar global untuk lebih meningkatkan peranannya dalam perekonomian nasional," kata Arsjad dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Arsjad mengatakan, Indonesia punya potensi besar untuk melahirkan pengusaha-pengusaha baru di daerah dan menghasilkan produk-produk berkualitas ekspor. Menurutnya, dibutuhkan langkah nyata dan kolaborasi pemerintah dan dunia usaha untuk mendorong agar UMKM naik kelas.

Arsjad optimistis kolaborasi yang baik antara Kadin dan pemerintah selama ini akan meningkatkan kepercayaan diri, pengetahuan, dan daya saing pelaku UMKM menjadi makin produktif sehingga dapat berkompetisi di pasar global.

“Saya mengapresiasi program pemerintah terkait pengembangan kawasan dan integrasi UMKM masuk rantai pasok, digitalisasi koperasi dan UMKM, inkubasi bisnis koperasi dan UMKM, serta skema pembiayaan sesuai model bisnis dan komoditas. Kebijakan ini sangat pro pertumbuhan UMKM,” kata Arsjad.

Lebih lanjut Arsjad mengungkapkan, UMKM berperan besar dalam menumbuhkembangkan perekonomian nasional.

Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid berkomitmen akan memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close