Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ART Minta Pemprov Sulteng Segera Perbaiki Bendungan Sungai Toili Banggai

Kamis, 09 Maret 2023 – 19:43 WIB
ART Minta Pemprov Sulteng Segera Perbaiki Bendungan Sungai Toili Banggai - JPNN.COM
Anggota DPD RI Dapil Sulteng Abdul Rachman Thaha (ART) saat melihat kondisi sungai Toili di Banggai yang menjadi sumber pengairan pertanian, Kamis (9/3/2023). Foto: Tim ART

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) meminta pemerintah pusat maupun Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) segera memperbaiki bendungan Sungai Toili, Kecamatan Moilong, Banggai.

Dia menyebut bendungan sungai Toili di Desa Arga Kencana yang jebol pada 2019 lalu hingga kini belum dibenahi pemerintah.

ART Minta Pemprov Sulteng Segera Perbaiki Bendungan Sungai Toili Banggai
Anggota DPD RI Dapil Sulteng Abdul Rachman Thaha (ART) menemui petani di kawasan sungai Toili, Banggai, Kamis (9/3/2023). Foto: Tim ART

"Sungai tersebut berfungsi untuk pengairan persawahan petani di dua kecamatan. Hari ini saya meninjau langsung sungai tersebut. Ini harus disegerakan perbaikan bendungannya," ujar Abdul Rachman melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis (9/3).

Senator yang beken disapa dengan inisial ART jua mendapat aspirasi langsung dari warga agar bendungan sungai Toili segera diperbaiki, karena sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan persawahan seluas 4.450 hektare.

Akibat kerusakan bendungan, petani di daerah itu terpaksa berbagi pengairan dan pintu air ke areal persawahan baru dibuka tiap 9 hari sekali."Itu pun diberi jangka waktu per dua hari di masing-masing pintu pengairan," ucapnya.

Anggota DPD RI Dapil Sulteng itu juga menerima keluhan warga yang khawatir terjadi gagal panen jika debit air sangat terbatas.

"Terkadang terjadi konflik antarwarga hanya karena pengaturan pembagian debit air. Ini harus segera diatasi oleh pemerintah pusat terlebih khusus pemerintah provinsi," tutur mantan aktivis HMI itu.

Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha (ART) minta pemerintah pusat dan Pemprov Sulteng segera perbaiki bendungan sungai Toili di Banggai untuk pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close