Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arus Balik Mudik Lebaran, Dirut AP II Mengimbau Begini

Kamis, 05 Mei 2022 – 11:40 WIB
Arus Balik Mudik Lebaran, Dirut AP II Mengimbau Begini - JPNN.COM
Ilustrasi - Frekuensi penerbangan di Bandara Soekarno - Hatta mengalami peningkatan. Foto: Dok. Angkasa Pura II

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin memastikan kesiapan bandara yang dikelolanya untuk arus mudik.

Diperkirakan pergerakan penumpang pada 4 Mei (H+1) mencapai sekitar 160 ribu penumpang dan jumlah ini akan meningkat hingga puncak arus balik 7-9 Mei.

"Sejak 4 Mei 2022, seluruh bandara AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik," ujar Awal dalam siaran persnya.

Pada 7 Mei, secara kumulatif di 20 bandara AP II diperkirakan jumlah pergerakan penumpang mencapai 166.312 orang, lalu pada 8 Mei tertinggi mencapai 199.857 orang dan 9 Mei sebanyak 179.542 orang.

“AP II mengimbau agar para pemudik bisa melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7-9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik," tutur Awal.

Pada arus balik, AP II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang, antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi dan transportasi darat (bus, taksi dan sebagainya).

Awal memerinci selama 12 hari atau dari H-10 hingga Lebaran hari kedua (22 April - 3 Mei), jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan.

“Melalui kolaborasi, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi COVID-19," kata Awal.(chi/jpnn)

Sejak 4 Mei 2022, seluruh bandara AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close