Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS dan Korsel Main Perang-perangan, Korut Targetnya

Jumat, 01 September 2017 – 07:07 WIB
AS dan Korsel Main Perang-perangan, Korut Targetnya - JPNN.COM
Bom dari pesawat tempur Amerika Serikat mengenai target dalam simulasi serangan ke Korea Utara, Kamis (31/8). Foto: AP

jpnn.com, KOREA SELATAN - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengerahkan enam pesawat militer ke lokasi latihan gabungan dengan Korea Selatan (Korsel), Kamis (31/8). Dia seakan ingin menunjukkan bahwa AS tak peduli dengan berbagai ancaman yang dilontarkan Korea Utara.

Langkah itu juga kontras dengan pernyataan Menteri Pertahanan James Mattis yang menegaskan bahwa AS akan tetap menempuh jalur diplomatik.

”Solusi diplomatik untuk krisis nuklir Korea Utara (Korut) akan tetap menjadi pertimbangan kami,” kata Mattis.

Sebelumnya, Trump mencuit lewat akun @realDonaldTrump bahwa perundingan bukanlah jalan keluar bagi krisis nuklir Korut. Taipan 71 tahun itu lebih condong terhadap aksi militer.

Namun, Rusia dan Tiongkok mengimbau AS tidak gegabah. Sebab, aksi militer bisa memantik perang.

Kemarin latihan gabungan AS dan Korsel yang bertajuk Ulchi-Freedom Guardian alias UFG berakhir. Menjelang penutupan, AS mengerahkan dua pesawat pengebom B-1B dari Pangkalan Militer Andersen di Kepulauan Guam ke Semenanjung Korea.

Dari arah lain, empat pesawat siluman F-35 dari Pangkalan Udara Iwakuni milik Korps Marinir AS di Jepang juga menuju lokasi latihan militer gabungan.

Meramaikan parade jet militer AS itu, Korsel menerbangkan empat pesawat militer ke lokasi yang sama. Dalam latihan rutin tersebut, juga dilakukan simulasi serangan ke Korut.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close