Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS-Korsel Segera Latihan Militer

Selasa, 25 Mei 2010 – 13:22 WIB
AS-Korsel Segera Latihan Militer - JPNN.COM
JAGA - Aksi manuver salah sebuah kapal militer Korsel, yang dalam jumlah tertentu menjaga ketat perairan perbatasan negeri itu dengan Korut yang senantiasa rawan konflik. Foto: AFP.
WASHINGTON - Markas besar militer AS, Pentagon, pada Senin (24/5) menyebutkan bahwa mereka merencanakan untuk ikut serta dalam latihan militer gabungan bersama Korsel, dalam waktu dekat. Ini merupakan respon langsung pertama dari AS terhadap tragedi tenggelamnya kapal Cheonan milik Korsel - yang dituding akibat torpedo Korut - yang telah berkembang menjadi krisis baru itu.

Juru bicara Pentagon, Bryan G Whitman, sebagaimana dikutip LA Times, Selasa (25/5) siang, menyebutkan bahwa pasukan AS bakal berpartisipasi dalam sebuah latihan manuver anti-kapal selam dalam waktu dekat. Sedangkan dalam latihan kedua yang telah direncanakan, disebutkan bahwa unit tentara AS bersama militer Korsel dan kemungkinan sekutu lainnya di kawasan itu, akan berlatih mengembangkan kemampuan mereka menangkap kapal-kapal barang yang diduga membawa senjata atau barang terlarang lainnya, dari maupun menuju ke Korut.

Whitman juga menyebut bahwa rangkaian latihan tersebut merupakan sebuah pertanda "keberlanjutan hubungan dekat yang terkordinasi dengan baik dan kuat" antara AS dengan Korsel. Ia pun menegaskan lagi bahwa kedua jadwal latihan bersama yang telah diatur tersebut merupakan respon terhadap apa yang baru saja terjadi di perairan Semenanjung Korea (tenggelamnya Cheonan, Red). Sekadar diketahui, saat ini saja ada sekitar 28.000 personil pasukan AS yang bertugas di Korsel.

Rencana latihan militer itu sendiri telah diumumkan Senin waktu setempat di Seoul, oleh Menteri Pertahanan Korsel. Pengumuman itu disampaikan tak lama menyusul pernyataan Presiden Lee Myung-bak yang disiarkan ke seluruh dunia, bahwa Korsel telah menghentikan sementara sebagian besar perdagangan mereka dengan Korut, sekaligus menutup jalur-jalur laut antara kedua negara.

WASHINGTON - Markas besar militer AS, Pentagon, pada Senin (24/5) menyebutkan bahwa mereka merencanakan untuk ikut serta dalam latihan militer gabungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close