Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS Melunak untuk Korut

Sabtu, 12 September 2009 – 15:09 WIB
AS Melunak untuk Korut - JPNN.COM
DIALOG - Ketegangan antara Korut dengan pihak enam negara yang dipimpin AS khususnya, terus meningkat dengan adanya berbagai peristiwa, termasuk sejumlah tes rudal yang mereka lakukan pasca ujicoba nuklirnya Mei lalu. Foto: AFP.
WASHINGTON DC - Pihak Amerika Serikat (AS) menyatakan mereka siap untuk berdialog langsung (empat mata) dengan Korea Utara (Korut). Hal itu dikatakan demi membujuk pemerintahan di Pyongyang untuk bersedia kembali berpartisipasi dalam pembicaraan enam negara - yang digagas AS - terkait isu pelucutah senjata nuklir. Kebijakan AS ini, sebagaimana diberitakan Al Jazeera, Sabtu (12/9) siang WIB, disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Philip Crowley, Jumat (11/9) waktu setempat.

Oleh sejumlah pihak, langkah Washington ini dianggap sebagai sebuah pergeseran politik yang cukup signifikan. Sebelumnya diberitakan, AS telah menegaskan kalau mereka hanya mau berdialog dengan Korut jika negara komunis di semenanjung Korea itu mau kembali terlibat dalam pertemuan enam negara - yang juga diisi Cina, Jepang, Rusia, serta Korsel.

"Kami siap menjalani diskusi bilateral dengan Korea Utara. Kami belum membuat keputusan (apapun) saat ini, selain bahwa memastikan kami siap untuk pembicaraan bilateral, jika itu membantu kelancaran proses (pembicaraan) enam negara," kata Crowley dalam pernyataan yang dibacakannya itu.

Namun begitu, Crowley sempat membantah kalau langkah ini merupakan perubahan yang cukup signifikan dalam kebijakan (politik) AS. Ia menyatakan bahwa setiap pertemuan bilateral bagaimanapun akan ditujukan demi melibatkan kembali Korut dalam pembicaraan multilateral.

WASHINGTON DC - Pihak Amerika Serikat (AS) menyatakan mereka siap untuk berdialog langsung (empat mata) dengan Korea Utara (Korut). Hal itu dikatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close