Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aset Firli Bahuri di Yogyakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta, Wow

Rabu, 27 Desember 2023 – 21:59 WIB
Aset Firli Bahuri di Yogyakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta, Wow - JPNN.COM
Firli Bahuri. ANTARA/Melalusa Susthira

jpnn.com, JAKARTA - Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri dicecar 22 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri terkait aset yang dimiliki di sejumlah daerah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan pemeriksaan yang berlangsung sejak pukul 10.00 hingga pukul 20.30 WIB tersebut untuk meminta keterangan tentang seluruh harta benda tersangka.

"Dalam pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap tersangka pada hari ini, penyidik mengajukan sebanyak 22 pertanyaan kepada tersangka FB (Firli Bahuri)," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Rabu.

Trunoyudo mengatakan pertanyaan juga seputar harta benda istri, anak dan keluarga terkait adanya aset lain atau harta benda yang tidak dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Di antaranya aset yang berlokasi di Yogyakarta (Bantul dan Sleman), Sukabumi, Bogor, Bekasi dan Jakarta," katanya.

Trunoyudo menambahkan tujuan pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap Firli Bahuri ialah adanya kepentingan tersangka untuk menambahkan saksi yang meringankan (a de charge) yang baru, di luar yang telah diterangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tersangka pada 1 Desember 2023.

"Dua di antaranya telah dimintai keterangan oleh penyidik pada 12 Desember. Sementara itu, satu lainnya menolak dan sisanya meminta penundaan pemeriksaan," kata Trunoyudo.

Kemudian mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim) itu menjelaskan seusai melakukan pemeriksaan terhadap Firli, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta guna melengkapi berkas perkara kasus tersebut.

Firli Bahuri memiliki banyak aset di sejumlah daerah, di antaranya Yogyakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close