Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Asupan Garam Bisa Memicu Asam Urat?

Selasa, 05 Maret 2019 – 18:33 WIB
Asupan Garam Bisa Memicu Asam Urat? - JPNN.COM

jpnn.com - Selain pedas, rasa tajam seperti asin juga bisa meningkatkan napsu makan Anda. Sayangnya, selain bisa menyebabkan hipertensi, makanan asin akibat banyaknya asupan garam dianggap bisa memicu timbulnya asam urat! Benarkah anggapan tersebut? Atau jangan-jangan, ada faktor utama lain yang bersembunyi di balik makanan yang kaya garam?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada faktor lain yang bersembunyi di balik makanan asin yang kaya akan kandungan garam, yaitu purin.

“Sebetulnya bukan garamnya yang menjadi pemicu asam urat. Purinlah yang berperan besar dalam memicu timbulnya asam urat,” ucap dr. Sepriani.

Dijelaskan, purin biasanya ditemukan dalam kacang-kacangan dan jeroan.

“Kedua makanan tersebut biasanya dimasak dengan banyak garam agar lezat dan tidak amis (pada jeroan dan daging merah/seafood),” ujar dr. Sepriani.

Purin, asam urat, dan sakit ginjal

Purin merupakan sejenis protein yang ditemukan pada makanan dan berbagai sel tubuh. Nah, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, asam urat ialah hasil akhir dari metabolisme purin.

Bila jumlahnya di dalam tubuh terlalu banyak, asam urat bisa menumpuk di dalam jaringan tubuh dan membentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat). Penderita asam urat juga berpotensi mengalami berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit ginjal (batu ginjal).

loading...